Posted by Info Wisata deToraa
Kalimat Wonderful Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dimana-mana dalam berbagai kesempatan kita sering menemukan atau mendengar 2 kata ini, entah itu dalam tayangan televisi, media cetak, label produk yang anda beli, spanduk, iklan, dan lain sebagainya. Ya... Wonderful Indonesia adalah country branding diluncurkan dan terus dipopulerkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia sebagai bagian dari promosi wisata Indonesia ke mancanegara.
Pada hakikatnya promosi adalah satu hal penting dalam dunia pariwisata dewasa ini, sebagai metode untuk memperkenalkan dan menawarkan potensi wisata unggulan kepada konsumen, baik di dalam maupun luar negeri. Indonesia sebagai negara dengan sejuta keunggulan pariwisata tentu tidak boleh ketinggalan, sebab apalah artinya memiliki begitu banyak sumberdaya apabila tak dapat "dijual". Padahal potensi keuntungan ekonomi dari sektor pariwisata Indonesia sangat terbuka lebar. Sungguh sayang apabila dibiarkan tanpa pengelolaan yang baik dan benar. Iya gak? Dalam hal ini, kehadiran country branding "Wonderful Indonesia" menjadi hal baik sebagai identitas bangsa ini. Wonderful Indonesia mampu mempresentasikan daya tarik keindahan alam, keanekaragaman budaya dan adat istiadat, serta keramahtamahan masyarakat Indonesia maupun fasilitas pariwisata menarik lainnya yang dikembangkan oleh orang-orang kreatif Indonesia.
Belajar dari negara-negara tetangga yang sudah lebih maju dalam industri pariwisata, kekuatan country branding seperti Truly Asia milik Malaysia dan/atau Amazing Thailand terbukti berhasil meningkatkan promosi pariwisata negara-negara tersebut secara signifikan. Imbasnya adalah meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan dan devisa negara dari sektor pariwisata, serta membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Hal yang sama tentu ingin kita rasakan di Indonesia melalui kampanye branding pariwisata bertajuk Wonderful Indonesia. Industri pariwisata Indonesia dapat tumbuh secara signifikan sehingga memberikan kontribusi yang baik bagi perekonomian bangsa.
Makna Wonderful Indonesia
Bicara lebih lanjut tentang Wonderful Indonesia, apa sih makna yang terkandung di balik brand ini?
Bila diperhatikan dengan seksama, logo Wonderful Indonesia berupa gambar burung yang mewakili karakter suka berkelompok, melambangkan hidup damai antar sesama di alam sentosa. Burung juga menjadi lambang bangsa Indonesia, dimana rentangan sayapnya dapat bermakna keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, melintasi batas.

Gambar burung pada logo
Wonderful Indonesia dibentuk dari untaian lima warna yaitu hijau, ungu, jingga, biru dan magenta. Masing-masing warna tersebut mempunyai makna sebagai berikut : Warna hijau memiliki makna kreativitas, ramah pada alam dan keselarasan; Warna Ungu bermakna daya imajinasi, keimanan, kesatuan lahir dan batin; Warna jingga bermakna inovasi, semangat pembaruan dan keterbukaan; Warna biru berarti kesemestaan, kedamaian, dan keteguhan; dan Warna magenta mewakili keseimbangan, akal sehat dan sifat praktis.
Sementara itu tulisan "Indonesia" yang berwarna hitam dan lebih besar dari "Wonderful" mempunyai arti mengedepankan dan memperkuat Indonesia dalam persaingan wisata dunia. Sedangkan kata "Wonderful" memuat janji bahwa Indonesia adalah bangsa yang kaya dengan ketakjuban, baik manusia maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru. Wonderful Indonesia!